Salah satu aspek penting yang menjadi acuan perusahaan pengiriman atau ekspedisi adalah layanan logistik yang tepat.
Sebelum menjelaskan lebih detail lagi, yang harus diketahui bahwa kita memerlukan layanan logistik agar barang atau produk bisa disalurkan dari satu tempat ke tempat lain secara efisien dan efektif dalam rangka mendukung kegiatan bisnis atau kebutuhan masyarakat.
Layanan logistik dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses pengiriman barang, mengoptimalkan pengelolaan persediaan dan mempercepat waktu pengiriman, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat daya saing perusahaan.
Table of Contents
Pengertian Layanan Logistik
Layanan logistik adalah sekelompok jasa dan aktivitas terkait dengan pengelolaan , pengangkutan, penyimpanan, dan distribusi barang atau produk dari satu tempat ke tempat lain dalam rantai pasokan .
Layanan logistik mencakup berbagai tahap dan proses dalam pengiriman barang seperti pengumpulan, pengepakan, pengiriman, manajemen persediaan, pengiriman terakhir, dan pengembalian produk yang tidak diinginkan.
Penyedia layanan logistik biasanya menyediakan sarana transportasi, fasilitas penyimpanan dan distribusi, perencanaan dan pengaturan pengiriman, pemenuhan pesanan, serta pengawasan dan koordinasi aktivitas logistik.
Layanan logistik menjadi sangat penting dalam menjaga efisiensi dan time-to-market yang optimal di sepanjang rantai pasokan.
Apa saja yang termasuk Layanan Logistik
1. Pengiriman kargo
Pengiriman kargo adalah suatu layanan yang dapat mengirimkan barang dalam jumlah besar melalui kapal laut, pesawat terbang, atau truk yang biasanya membawa barang-barang yang memiliki berat lebih dari 90 kilogram hingga berton – ton.
Layanan pengiriman kargo ini memerlukan peralatan dan teknik khusus dalam penanganan, pembebanan serta pemindahan barang dengan aman dan efisien.
2. Layanan Kurir
Layanan kurir adalah sebuah layanan atau servis yang menyediakan pengantaran barang dari satu titik ke titik lain dengan cara langsung.
Penyedia layanan kurir biasanya menggunakan mobil atau sepeda motor untuk mengirim barang ke alamat penerima.
Layanan kurir umumnya digunakan untuk mengirimkan paket dalam jumlah kecil hingga sedang dengan jarak pengiriman dalam kota maupun antar kota dalam waktu yang relatif cepat.
Layanan kurir banyak digunakan dalam ranah bisnis online seperti e-commerce untuk mengirimkan barang-barang pesanan dari pelanggan ke alamat tujuan dengan cepat dan terpercaya.
3. Layanan gudang
Layanan gudang (warehousing service) adalah jasa penyimpanan barang untuk jangka waktu tertentu di sebuah gudang. Dan layanan ini dapat disewakan untuk kegiatan pergudangan tanpa harus membeli atau membangun sendiri tempat penyimpanan barang.
Selain itu biasanya mencakup beberapa layanan seperti pengangkutan barang ke dalam dan keluar dari gudang, pengawasan, pemantauan, pengamanan, pengemasan, dan pengolahan barang.
Layanan gudang dapat membantu bisnis dalam pengelolaan dan penyimpanan barang secara terstruktur dan efisien sehingga meningkatkan produktivitas dan efektivitas menjalankan bisnis.
4. Perangkat lunak logistik TMS (Transportation Management System)
Perangkat lunak logistik TMS (Transportation Management System) adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh bisnis dan perusahaan untuk mengelola dan mengoptimalkan fungsi logistik dan transportasi mereka.
Mulai dari seperti pengendalian persediaan, pengiriman dan pemantauan kargo, pengaturan rute dan penjadwalan pengiriman, serta manajemen biaya dan administrasi logistik secara keseluruhan sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis.
5. Layanan stevedoring atau bongkar muat barang
Layanan stevedoring juga disebut sebagai layanan bongkar muat barang di pelabuhan dan umumnya disediakan oleh perusahaan atau penyedia jasa logistik untuk membantu pengelolaan serta pengangkutan barang secara aman dan efisien di area pelabuhan.
Selain itu layanan stevedoring meliputi banyak aktivitas, di antaranya adalah manajemen bongkar muat, penyimpanan, dan penanganan barang dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja dan keamanan barang.
6. Layanan Freight Forwarding
Perusahaan jasa angkut barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan jumlah yang besar dan memfasilitasi proses pengiriman dari mulai pengambilan barang hingga sampai di tempat tujuan.
Freight forwarding juga dapat memberikan jasa pemantauan status pengiriman, pengaturan rute, konsolidasi muatan, dan pengurusan dokumen yang dibutuhkan dalam pengiriman barang.
Ada pula penyedia layanan freight forwarding yang menyediakan layanan pengiriman door-to-door dan packing barang untuk keperluan ekspor-impor.
7. Layanan logistik pihak ketiga (3PL)
Sebuah model bisnis di mana perusahaan menggunakan jasa dari penyedia layanan logistik eksternal atau pihak ketiga untuk mengelola aktivitas logistik dan transportasi mereka.
Jasa yang disediakan oleh 3PL biasanya mencakup pengaturan pengiriman, manajemen persediaan, penyimpanan, serta pengemasan dan pemenuhan pesanan .
Dengan menggunakan layanan 3PL, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan logistik, serta menghemat biaya-biaya yang terkait dengan pengadaan dan operasional serta manajemen logistik internal.
Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda memilih jasa pengiriman yang tepat, aman dan terpercaya. Sehingga barang Anda aman sampai tujuan tanpa rusak.