Ketidaktepatan waktu pengiriman saat ini juga menjadi fokus bagi setiap pebisnis. Hal ini juga yang membuat banyak pebisnis tidak bisa mempercayakan perusahaan logistik untuk mengirim barangnya. Permasalahan pengiriman barang yang terjadi mulai dari alamat yang salah, kondisi barang rusak dan yang lainnya.
Nah jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya Anda juga harus mengetahui cara untuk mengatasinya agar terhindar dari money cost atau tambahan biaya yang membuat Anda rugi.
Table of Contents
Permasalahan Pengiriman Barang dan Cara Mengatasinya
1. Keterlambatan pengiriman
Pengiriman yang terlambat adalah salah satu permasalahan yang paling umum. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca buruk, masalah logistik, kesalahan dalam pengolahan atau pemilahan barang, atau volume pengiriman yang tinggi.
Cara mengatasinya yaitu sebaiknya Anda tanyakan kepada perusahaan jasa pengirim yang Anda pakai untuk memberikan info real time oleh Customer Supportnya atau minta langsung layanan sistem tracking barangnya agar lebih jelas.
2. Kerusakan barang
Barang yang rusak selama proses pengiriman merupakan permasalahan yang umum terjadi. Kerusakan bisa disebabkan oleh penanganan yang kasar, kurangnya perlindungan kemasan yang memadai, atau kondisi lingkungan yang tidak sesuai.
Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya Anda mengetahui rute yang dilewati dan beritahu bahwa barang ini merupakan barang yang mudah pecah.
Selain itu Anda juga harus pastikan bahwa packing atau pengemasan yang Anda lakukan sudah aman dan kuat.
3. Kehilangan barang
Kehilangan barang selama pengiriman juga bisa terjadi. Barang bisa hilang karena kesalahan dalam pemilahan, pencurian, atau kesalahan administrasi.
Jika hal ini terjadi biasanya hal bisa dilakukan adalah langsung melaporkan ke pihak logistik agar dibantu cek dan lacak posisi terakhir barang Anda dengan data yang lengkap.
4. Kurangnya informasi pelacakan
Pelanggan mungkin mengalami frustasi jika mereka tidak memiliki akses yang memadai ke informasi pelacakan pengiriman mereka. Jika tidak ada atau terbatasnya pembaruan pelacakan, pelanggan akan kesulitan mengetahui status pengiriman mereka.
Alternatif lainnya Anda bisa langsung menghubungi tim CS perusahaan logistik agar bisa diberikan info terupdate mengenai barang Anda.
5. Komunikasi yang buruk
Komunikasi yang tidak jelas antara pelanggan, penerima, dan perusahaan pengiriman dapat menyebabkan kesalahpahaman dan kebingungan. Informasi yang tidak tepat atau kurangnya komunikasi dapat memperburuk permasalahan yang terjadi.
Agar hal ini tidak terjadi sebaiknya Anda cek terlebih dahulu layanan yang diberikan dari perusahaan logistiknya, terutama layanan “fast respon” karena sangat penting komunikasi ini untuk pengirim dan penerima.
6. Kesalahan alamat
Kesalahan dalam memberikan atau mencatat alamat pengiriman dapat menyebabkan pengiriman yang salah atau kegagalan dalam pengiriman barang.
Hal yang wajib dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan cara melengkapi data alamat tujuan mulai dari alamat, nomor telepon, nama penerima, patokan jalan, nomor rumah, kecamatan, kelurahan dan provinsi.
Jika Anda masih bingung dan khawatir permasalahan pengiriman barang akan terjadi pada Anda. Maka solusi yang tepat adalah memilih jasa pengiriman / logistik yang aman dan terpercaya yang bertanggung jawab.
Nah ALD LOGISTIK hadir sebagai solusi jasa logistik handal dengan armada yang lengkap, layanan Door To Door, Gratis Penjemputan dan Asuransi Pengiriman yang sesuai kebutuhan Anda.